Metode Sostac Untuk Bisnis Online di Era Milenial

Gosipadan.com – Bisnis online memerlukan perencanaan dan strategi yang baik untuk mendukung pemasaran. Pendekatan seo berbasis metode sostac untuk pemasaran akan mengalahkan pendekatan bersaing secara taktis. Ini adalah aturan sederhana (lebih seperti pedoman) untuk meneliti, mengawasi, beradaptasi, memodifikasi dan menyesuaikan diri, sampai memiliki perencanaan dan strategi yang unik untuk pemasaran bisnis online.

Kali ini saya akan jelaskan perencanaan berdasarkan metode SOSTAC untuk bisnis anda. Pada 1990-an, PR Smith memperkenalkan kerangka strategi SOSTAC untuk membantu merencanakan sistem pemasaran yang komprehensif, namun cukup fleksibel untuk diadaptasi sesuai dengan berbagai kebutuhan dari berbagai klien. SOSTAC merupakan singkatan dari:

  1. Situation (situasi) – situasi dari posisi anda sekarang
  2. Objective (tujuan) – Apa yang ingin dituju
  3. Strategy (strategi) – bagaimana menuju visi masa depan
  4. Tactics (taktik) – bagaimana melaksanakan rencana
  5. Actions (tindakan) – tindakan apa saja yang perlu dilakukan
  6. Control (kontrol) – mengukur dan memantau usaha dan seo yang diterapkan

Pendekatan SOSTAC merupakan metode sistematis untuk menyusun strategi pemasaran yang baik, sederhana, elegan, kuat dan efektif. Anda dapat menggunakannya sebagai kerangka perencanaan untuk strategi SEO bisnis online yang sedang dilakukan. Berikut beberapa penjelasan mengenai metode SOSTAC.

1. Situation (Analisis Situasi)

Sebelum memulai usaha pemasaran, anda harus tahu di mana anda berdiri saat ini. Dari sudut pandang SEO maka perlu beberapa hal pemaksimalan mengenai kinerja situs, lalu lintas mesin pencari yang dapat diamati, kata kunci terbaik dengan tingkat konversi tertinggi, perbandingan terhadap pesaing usaha.

Menerapkan strategi seo dan kampanye pemasaran dalam metode sostac yang tepat merupakan kebaikan untuk masa depan usaha bisnis online. Mengajukan pertanyaan lalu datang dengan jawaban dan sebuah keyakinan merupakan titik awal yang baik untuk memulai bisnis.

Keberhasilan bisnis bukan didapat dengan khayalan, namun dibangun melalui impian yang mempunyai kejelasan secara menyeluruh, baik dari jenis usaha dan produk, tujuan, pemanfaatan, target, dan keyakinan.

Teliti jenis bisnis yang baik saat ini dan bagaimana kondisi bisnis tersebut untuk masa depan. Peter Drucker memulai konsultasi dengan pertanyaan, Bagaimana cara berbisnis, Studi lalu lintas Web, volume penjualan dan laba, aset dan kewajiban yang harus diselesaikan, pemasukan dan pengeluaran. Dapatkah bisnis tersebut berkembangan dengan cepat dan baik, jika tidak apa penyebabnya?

Maksimalkan kekuatan yang dimiliki. Ketahui apa yang membedakan produk atau usaha anda dari orang lain. Teliti pula apa yang paling dibutuhkan oleh pelanggan dan target atau kisaran umur berapa yang lebih banyak memanfaatkan produk tersebut. Maksimalkan melalui beberapa sosial media seperti facebook, twitter, pinterest, dan lain sebagainya. Lihatlah strategi pemasaran dan strategi seo SEO saat ini dan masa depan. Teliti dan coba untuk mengerti apa kelemahan dari bisnis online anda dan bagaimana cara membuatnya menjadi lebih efisien. Anda akan mengetahui apakah usaha itu bekerja dengan baik dan mana yang paling efektif untuk dilakukan.

2. Objective (Menetapkan Tujuan)

Setelah anda tahu di mana anda berdiri dan bisnis online yang dipilih, selanjutnya adalah menetapkan tujuan dan sasaran bisnis untuk masa depan. Buatlah tujuan terbesar dari bisnis yang dilakukan, apa alasannya, dan apa yang perlu dilakukan. Hal ini akan membantu dalam pengembangan karakter usaha dan kepercayaan konsumen. Melalui cara ini dapat diketahui keuntungan dari pemasaran dan strategi SEO, serta dapat dimanfaatkan dalam mencapai tujuan lainnya. Selanjutnya tinggal perencanaan melayani pasar dengan baik.

Ingat, anda bukan berjualan dipasar, tapi anda yang harus membuat pasar dari bisnis anda sendiri, jadi pintarlah membuat pasar untuk usaha anda sendiri.

Metode sostac menekankan fokus pada salah satu strategi seo dan pemasaran. Perhatikan bagaimana cara melayani,, meningkatkan konversi penjualan, dan menghasilkan bisnis yang berulang dengan arahan yang baik. Bangunlah mitra bisnis dengan loyalitas tinggi dan tunjukkan kinerja profesional, karena itu yang kepercayaan konsumen dan ini merupakan kunci keberhasilan. Cek Langkah bisnis online melalui uji SMART untuk melihat apakah bisnis tersebut benar-benar mempunyai target tertinggi dan terbaik.

S – Specific (spesifik) – Tujuan yang jelas dan spesifik
M – Measured (terukur) – Tujuan yang terukur menurut kemampuan
A – Actions (tindakan) – Tindakan untuk mewujudkan tujuan
R – Realistic (realistis) – Usaha yang masuk akal
T – Time (waktu) – Target waktu

3. Strategy (Merumuskan Strategi)

Strategi sangat penting untuk usaha dan penerapan SEO. Libatkan fokus pada lokal SEO, atau membangun merek dagang andalan (top brand), atau membuat sesuatu penunjang usaha. Persempit target untuk menarik bagian tertentu dari audiens dan tegaskan kalau anda dapat melayani lebih baik dari orang lain. Lihat besar kisaran bisnis dan ruang lingkupnya. Ini perlu dilakukan untuk membangun target pemasaran supaya efektif.

4. Tactics (Menjalankan Rencana)

Semua strategi yang diterapkan tergantung seberapa kuat tindakan dan tingkat akurasi yang tinggi. Pada tahap ini anda perlu menguraikan langkah-langkah untuk mengambil keputusan dan mencapai hasil akhir yang dibutuhkan.

Sulit untuk memprediksi hasil SEO yang akurat dan faktual. Buatlah estimasi usaha yang wajar untuk kampanye produk anda. Gunakan beberapa seo tools untuk bahan pengamatan. Setiap jenis pemasaran (termasuk SEO) memiliki berbagai alat untuk melihat sejauh mana kinerja seo itu berjalan.

Pemasaran strategis dapat menjadi mahal pada awalnya. Oleh karena itu perlu menetapkan sumber daya dan dana yang diperlukan untuk rencana pemasaran, jika tidak anda akan kehabisan tenaga, kehilangan momentum, dan uang.

5. Actions (Aksi dan Pengaturan Waktu)

Tanpa tanggung jawab yang jelas dan kerangka waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas pemasaran yang stabil, maka bisnis akan hancur. Teliti lebih lanjut tindakan yang harus dilakukan, siapa yang akan melakukannya, dan kapan harus selesai. Usahakan semua kegiatan harus sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Buatlah kalender pemasaran dan menetapkan tenggat waktu untuk menyelesaikan setiap tindakan.

Tetapkan tugas kepada seseorang berdasarkan deskripsi pekerjaan daripada kemampuan mereka, karena bila berdasarkan keterampilan atau kemampuan untuk menyelesaikannya bisa menjadi kesalahan kritis. Selanjutnya membangun link dan berbagi keuntungan akan mempercepat usaha berkembang

6. Control (Melihat dan Mengukur)

Update data secara berkala lalu mengumpulkan dan menganalisis informasi secara sederhana namun tepat. Tentukan alat dan sumber daya yang dibutuhkan. Lihat bagaimana kompleksitas sistem pemantauan menurut lingkup, skala bisnis, dan keragaman usaha termasuk strategi seo yang diterapkan. Sediakan rencana cadangan dan jangan takut gagal.

Kadang keberhasilan yang cepat itu akan membuahkan kehancuran yang lebih mengerikan. Perlu diingat bahwa peningkatan pendapatan dan laba, pencapaian tujuan bisnis utama, peningkatan bisnis yang lebih cepat, sampai menurunkan biaya adalah keuntungan terbesar melalui metode perencanaan dan penerapan SOSTAC

Leave a Comment