Cara Penempatan Keyword / Kata Kunci dalam Artikel

Gosipadan.com – Keyword atau Kata kunci merupakan kata atau susunan kata khusus yang digunakan sebagai tema atau pokok pikiran dalam artikel. Kata kunci atau yang sering di sebut keyword juga sebagai ide yang mendasari sebuah bahasan dalam tulisan dan dianggap sebagai bagian penting atau jantung artikel.

Sangat wajar jika semua blogger berharap artikelnya menempati posisi halaman pertama dalam hasil pencarian sebuah mesin pencari (SERPs). Hal ini karena posisi sangat menentukan dalam menjaring pengunjung dan mendapatkan trafik dari kunjungan tersebut. Oleh karena itu optimasi kata kunci sangat penting dilakukan sebagai penunjang seo artikel pada mesin pencari. Baiklah, saya akan menjelaskan trick penggunaan kata kunci dalam artikel. Ikuti penjelasan berikut.

Saya tidak mengatakan dengan optimasi kata kunci, artikel anda pasti menempati posisi pertama dalam hasil pencarian. Namun dengan mengoptimasi kata kunci, maka artikel anda lebih baik dimata mesin pencari. Masalah peringkat pertama, itu banyak faktor gan, dan banyak juga seo master yang menerapkan trick penggunaan kata kunci dan trick penunjang lainnya. Namun ini akan lebih baik ketimbang anda tidak melakukan trick apapun.

Tips Penempatan Kata Kunci dalam Artikel

1. Kata Kunci Dalam Judul Artikel

Kata kunci dalam judul artikel sangat penting dan sangat dianjurkan penggunaannya. Karena indeksi kata yang diketik oleh pengguna internet dan tingkat relevansinya akan dilihat berdasarkan judul dan pokok bahasan. Selanjutnya ditampilkan dalam hasil pencarian. Silahkan baca artikel Strategi Penggunaan Kata Kunci dalam Judul Artikel

2. Keyword dalam tag H2, H3, dan H4

Penggunaan keyword juga sangat penting dalam sub judul atau tag H2 yang merupakan pokok bahasan. Selanjutnya gunakan juga kata kunci pada tag H3 sebagai sub bahasan. Contohnya misalkan anda membuat artikel dengan judul “harley davidson” maka buatlah tag H2 sebagai sub judul “apa itu motor harley davidson?” dan “keunggulan motor harley davidson” menggunakan tag H3 sebagai sub dari sub judul (H3 dari H2). Bingung ya gan? heheheee. Kalau bingung silahkan baca Penerapan Heading Dinamis Blogspot.

3. Keyword Pada Paragraf Awal

Kata kunci harus digunakan pada paragraf awal, karena kekuatan kata kunci di sini sangat besar bila dibanding pada paragraf kedua dan ketiga. Kata kunci di sini juga berfungsi sebagai kata penjelas tema.

4. Membuat Link Pada Kata Kunci

Berilah link pada kata kunci menuju homepage atau halaman awal blog anda. Hal ini untuk mempermudah indeksi khusus menuju homepage, sehingga optimasi blog juga dapat dilakukan melalui artikel. Tapi ingat! jangan terlalu banyak memberikan link pada kata kunci dalam artikel, karena bisa dianggap spam. Gunakan saja sewajarnya, pada bagian awal, bagian tengah, dan bagian akhir artikel.

5. Pertimbangkan Kepadatan Kata Kunci

Kata kunci terlalu banyak dapat dianggap spam dan search engine tidak suka dengan hal ini. Artinya anda harus menggunakannya secara wajar. Gunakan saja sekitar 2% sampai 5%. Bingung ya menghitungnya? Lihat penjelasan di bawah.

Jumlah kata dalam artikel X 5 : 100 = jumlah kata kunci. Misal 300 X 5 : 100 = 15

Inilah alasan google lebih menyukai artikel yang mempunyai batasan minimal 300 kata. Semakin banyak kamu menulis, maka semakin besar peluang membuat kata kunci dan semakin baik optimasi artikel anda.

6. Kata kunci dengan LSI (Latent Semantic Indexing)

Gunakan kata atau kalimat yang berhubungan dengan kata kunci. Misalnya anda menjelaskan mengenai motor “harley davidson”, maka anda juga bisa menyebutkan kata “motor besar, motor gede, dan moge”. Beberapa kata tersebut adalah semantic atau kata yang berbeda namun mempunyai arti sama. Hal ini karena mesin pencari lebih memperhatikan halaman yang memiliki kata-kata yang terkait (semantic words) dengan kata kunci dari pada halaman yang hanya memiliki kata kunci saja.

7. Penempatan Kata Kunci Pada Gambar

Gunakan kata kunci pada gambar karena trick ini akan menunjang optimasi artikel. Sebenarnya gambar tidak terbaca browser, oleh karena itu kita harus menempatkan html berupa teks agar bisa terbaca. Katika anda memberikan tag alt dan judul pada gambar, usahakan kedua tag tersebut mengandung kata kunci.

Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah tidak fokus meletakkan kata kunci. Kadang kata kunci hanya diletakkan pada bagian awal dan akhir saja, atau salah satu dari keduanya. Ingat! penempatan kata kunci pada awal, tengah, dan akhir artikel akan lebih baik, karena dianggap mempunyai alur yang runut atau ketersambungan pada keseluruhan artikel

Demikian penjelasan mengenai penempatan kata kunci dalam artikel. Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua, amin. Selamat menerapkan dan sukses selalu. Salam sahabat blogger.

Leave a Comment